Perbandingan antara jumlah dosen dan mahasiwa (ratio) UNIQBU pada tahun 2005/2006 adalah 1 : 18. Jumlah Total Mahasiswa hingga tahun 2009/2010 adalah 1728 (diluar dari pada jumlah mahasiswa pada Fakultas Agama Islam) dengan rincian, pada tahun 2005 jumlah mahasiswa sebanyak 386, Tahun 2006 jumlah mahasiswa sebanyak 315, tahun 2007 berjumlah 298 mahasiswa, pada tahun 2008 berjumlah 238 mahasiswa, pada tahun 2009 berjumlah 493 mahasiswa. Hal ini menunjukkan adanya tingkat pertumbuhan jumlah mahasiswa pada tiap-tiap fakultas rata-rata dari 2-80%.
Tabel 3. Profil Mahasiswa
Tahun |
2005 |
2006 |
2007 |
2008 |
2009 |
Rata-Rata pertumbuhan (%) |
Jumlah Mahasiswa PS Ilmu Hukum |
96 |
80 |
53 |
46 |
44 |
10.09% |
Jumlah Mahasiswa PS Pertanian |
61 |
13 |
19 |
31 |
1 |
5.60% |
Jumlah Mahasiswa PS Kehutanan |
30 |
32 |
28 |
30 |
20 |
2.86% |
Jumlah Mahasiswa PS Budidaya Perairan |
32 |
21 |
13 |
12 |
4 |
19.02% |
Jumlah Mahasiswa PS Pemanfaatan sumberdaya Perairan |
12 |
17 |
13 |
12 |
10 |
30.00% |
Jumlah Mahasiswa PS Sastra Indonesia |
21 |
30 |
40 |
82 |
25 |
12.32% |
Jumlah Mahasiswa PS Sastra Inggris |
5 |
10 |
13 |
15 |
6 |
45.31% |
Jumlah Mahasiswa PS Manajemen |
76 |
60 |
29 |
36 |
55 |
5.00% |
Jumlah Mahasiswa PS Studi Pembangunan |
27 |
40 |
10 |
18 |
21 |
7.59% |
Jumlah Mahasiswa PS Teknik Sipil |
18 |
9 |
13 |
8 |
7 |
38.18% |
Jumlah Mahasiswa PS Teknik Industri |
6 |
3 |
7 |
8 |
8 |
80.00% |
Jumlah Mahasiswa PS Pendidikan Matematika |
0 |
0 |
0 |
0 |
41 |
58.05% |
Jumlah Mahasiswa PS Pend. Biologi |
0 |
0 |
0 |
0 |
38 |
64.21% |
Jumlah Mahasiswa PS Pendidikan Bahasa Inggris |
0 |
0 |
0 |
0 |
87 |
16.78% |
Jumlah Mahasiswa PS Pendidikan Bahasa Indonesia |
0 |
0 |
0 |
0 |
126 |
30.79% |
Adanya tingkat pertumbuhan mahasiswa dilatarbelakangi selain oleh keberadaan Universitas Iqra Buru sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi di pulau Buru ini, juga disebabkan karena tuntutan kebutuhan akan pendidikan. Dengan memperhatikan lulusan SMU/SMK dan Madrasah Aliyah di kota Namlea dan sekitarnya sekitar 2.000 lulusan per tahun dan selama ini yang terserap masuk ke UNIQBU dan perguruan tinggi yang lain diluar UNIQBU lebih kurang 1500 orang, sehingga diantaranya sebagian bisa diserap masuk ke Program-Program Studi yang akan dibuka di Universitas Iqra Buru. Selain itu, guru-guru yang masih berpendidikan kualifikasi Diploma yang mengajar di kota Namlea dan sekitarnya dapat juga diterima untuk menyelesaikan Sarjana strata-1 (S-1).
Data jumlah guru serta honorer yang ada di Kabupaten Buru yang masih berkualifikasi Diploma adalah sejumlah 1.992 orang dan 2546 orang yang berkualifikasi SPG. Sedangkan jumlah lulusan Diploma II untuk PGSD dan PGTK Fakultas Agama Islam UNIQBU pada tiga tahun terakhir sampai tahun 2007 berjumlah 656 orang.
Untuk mencapai sasaran program perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan tinggi, Universitas Iqra Buru merencanakan akan meningkatkan jumlah mahasiswa dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 15 – 20 % tiap tahun, sehingga pada tahun 2015 Universitas Iqra Buru akan memiliki mahasiswa sekitar 15.000 orang.
PROFIL DOSEN
Jumlah dosen UNIQBU pada tahun 2005 sebanyak 75 Orang yang berpendidikan SI sebanyak 67 Orang (89 %), S2 sebanyak 6 Orang (8 %), dan S3 sebanyak 2 Orang (3%). Proyeksi kebutuhan dosen Universitas Iqra Buru disesuaikan dengan jumlah mahasiswa yang kuliah di Universitas Iqra Buru. Kebutuhan dosen Universitas Iqra Buru diproyeksi, mengalami perkembangan sesuai dengan jumlah mahasiswa baru yang diterima setiap tahun. Pada tahun 2009 jumlah dosen UNIQBU sebanyak 120 orang dengan rincian, jumlah dosen yang berpendidikan S1 sebanyak 73 orang, berpendidikan S2 sebanyak 47 orang, dan yang berpendidikan S3 sebanyak 2 orang.
Tabel 4. Profil Dosen
Tahun |
2005 |
2006 |
2007 |
2008 |
2009 |
Rata-Rata pertumbuhan (%) |
Jumlah dosen D2 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0% |
Jumlah dosen D3 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0% |
Jumlah dosen D4 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0% |
Jumlah dosen S1 |
35 |
50 |
56 |
53 |
64 |
45,31% |
Jumlah dosen S1 berusia < 50 tahun |
35 |
50 |
56 |
53 |
62 |
43,55% |
Jumlah dosen S2 |
7 |
7 |
10 |
21 |
47 |
85,11% |
Jumlah dosen S2 berusia < 50 tahun |
7 |
7 |
10 |
21 |
45 |
84,44% |
Jumlah dosen S3 |
0 |
1 |
1 |
2 |
2 |
50,00% |
Jumlah dosen sedang studi lanjut S2 |
4 |
4 |
9 |
9 |
17 |
76,47% |
Jumlah dosen lulus S2 |
0 |
0 |
4 |
9 |
13 |
69,23% |
Jumlah dosen sedang studi lanjut S3 |
0 |
0 |
0 |
0 |
2 |
4,26% |
Jumlah dosen lulus S3 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0% |
Jumlah dosen direkrut |
|
|
|
|
24 |
|
Jumlah dosen berhenti |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0% |
Masalah yang dihadapi kaitannya dengan SDM adalah: (1) Tingkat pendidikan dan jenjang jabatan akademik dosen yang masih rendah, (2) system untuk reward dan punishment belum memadai dan belum berjalan dengan baik, hal ini berdampak pada kurang termotivasinya dosen dalam bekerja, (3) evaluasi kerja belum dilaksanakan secara konsisten, (4) Pengembangan staf belum tersistem dengan baik, (5) Program pendidikan staf pengajar masih terbatas, dan persaingan untuk mendapatkan beasiswa dari pemerintah juga relative tinggi, hingga saat inii masih banyak dosen yang belum mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikannya, dan masih banyak pula dosen yang sedang mengurus usulan jenjang jabatan akademik, pengelolaan motivasi bagi SDM belum banyak tergarap dengan konsisten karena selama ini belum mendapatkan porsi perhatian yang cukup. Dari analisis di atas disimpulkan bahwa akar masalahnya adalah kualitas system pengelolaan SDM masih rendah. Alternative solusi yang diyakini dapat menyelesaikan masalah adalah (1) meningkatkan jenjang pendidikan dan jenjang jabatan akademik staf pengajar, (2) Menyusun SOP tentang reward dan punishment, (3) Mengadakan evaluasi kerja secara komprehensif dan berkelanjutan, (4) Memperbaiki system pengembangan dosen.
Universitas Iqra Buru dalam lima tahun ke depan melalui berbagai kebijakan dan program operasional akan meningkatkan kualitas pendidikan sesuai mutu keluaran dan dunia kerja, maka perlu dilakukan penataan sistem melalui kebijakan dan program strategis secara efektif dan efisien, sehingga kebijakan operasional yang dilaksanakan sebagai berikut : Mengoptimalkan beban tugas dosen sesuai dengan Sistem Kredit Semester (SKS), Meningkatkan jumlah tenaga akademik, khususnya di bidang keteknikan dan meningkatkan proporsi yang berpendidikan S2 dan S3. Meningkatkan kepekaan tenaga akademik terhadap perkembangan mutakhir dari bidang ilmu masing-masing dan melakukan penyesuaian terhadap tuntutan kebutuhan di bidang ilmunya. Penataan program rekrutment tenaga akademik dan administrasi, yang berdasarkan profesionalisme. Meningkatkan kesejahteraan tenaga akademik dan administrasi. Dan meningkatkan kemampuan penguasaan teknologi mutakhir dan kegiatan pembelajaran.
PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS IQRA BURU
DIBUKA MULAI TANGGAL 15 FEBRUARI SAMPAI 22 MARET 2021
DIBUKA MULAI TANGGAL 2 JUNI SAMPAI 22 AGUSTUS 2021
JOURNAL UNIQBU