• (0913) 21909

  • Fakultas Hukum

     

    FAKULTAS HUKUM

    PROGRAM STUDI ILMU HUKUM

    PENGEMBANGAN FAKULTAS HUKUM UNIQBU (HARAPAN DAN TANTANGAN)

    Mansyur Nawawi, SH., LLM.

    Sejak lepas dari Universitas Muslim Indonesia Makassar, fakultas Hukum terus berbenah dalam rangka pengembangan di bidang akademik, manajemen dan peningkatan kualitas lulusan. Memang diakui bahwa pengembangan yang sedang berlangsung sampai sekarang belum memperlihatkan hasil yang diharapkan. Pengembangan di bidang akademik misalnya telah memperlihatkan hasil dengan mulainya tertib perkuliahan apabila dibangdingkan sebelum lepas dari UMI Makassar. Demikian juga dengan manajemen fakultas secara perlahan dikelola secara baik dengan perombakan dan pergantian kepemimpinan secara periodik. Dalam hal kualitas lulusan memang fakultas Hukum belum bisa berbangga dengan apa yang dihasilkannya. Tetapi yang pasti lulusan tersebut telah banyak yang berguna bagi pembangunan di kabupaten Buru ini.

    Proses pengembangan FH Uniqbu ini telah memperlihatkan hasil dengan mendapatkan sertifikasi dari Badan Akreditasi Nasional. Sebagai lembaga pendidikan yang baru hal ini tentunya sangat menggembirakan untuk mendapatkan kepercayaan publik. Sebagai ungkapan syukur atas semua itu pimpinan fakultas terus berbenah untuk pengembangan fakultas, salah satunya melalui seminar dan lokakarya kurikulum ini untuk meninjau kembali kurikulum yang telah ada untuk disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.

    Proses akhir dari pengembangan Fakultas ini tentunya dapat dilihat dari kualitas produk lulusan yang dihasilkan. Kompetensi produk lulusan program studi Ilmu Hukum fakultas Hukum UNIQBU adalah menghaskilkan lulusan (Sarjana Hukum) yang berkualitas sebagai berikut :

    1.Menguasai dasar-dasar ilmiah dan praktis dibidang Hukum, serta mampu menerapkan dan mengembangkannya dalam kehidupan ummat melalui peran-peran yang tersedia.

    2.Berjiwa terbuka, kritis, toleran terhadap perbedaan pendapat dan mampu melakukan analisis terhadap permasalahan ditengah ummat.

    3.Memiliki kepekaan spiritual dan social yang tinggi, terutama menyangkut masalah-masalah hukum dan keadilan, dan mampu menerapkan pengetahuan dan keahlian hukum dalam memecahkan masalah-masalah hukum dan keadilan.

    Ketiga kompetensi di atas, diharapkan mampu menjadi empowerment atau istilah pemberdayaan masyarakat, sebagaimana diungkapkan oleh Dr. Sastraprateja, mantan Rektor Universitas Sanatadharma Yogyakarta yang menjelaskan, “….Power to, adalah kekuatan yang keratif yang membuat seseorang mampu melakukan sesuatu…., Power With, adalah kekuatan bersama, yaitu agar peseta didik membangun solidaritas atas dasar komitmen pada tujuan yang sama dan pengertian pada tujuan yang sama dan pengertian yang sama untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi…, yang lebih penting adalah membangun power within yaitu kekuatan spiritual yang ada dalam diri peserta didik.”3

    Ketika pendidikan hanya terpaku pada salah satu diantara ketiga kekuatan yang disebutkan diatas, maka yang lahir adalah ketidakseimbangan kodrati sebagai manusia yang diciptakan oleh Allah SWT untuk menjadi rahmat bagi sekalian alam. Produk kualitas lulusan yang dicitakan diatas tidak dapat direalisasikan dalam sekejap, tetapi melalui proses dan kerja keras dari semua elemen baik intern dalam hal ini masyarakat akademis serta alumni dan ekstern, dalam hal ini pemerintah dan lembaga-lembaga yang menjadi stakeholder dan mayarakat pada umumnya.

    Untuk menjawab cita diatas kami akan memberikan gambaran tentang peluang dan sekaligus menjadi tantangan dalam proses pengembangan Fakultas Hukum.

    A.Sumber Daya Manusia

    Kegiatan yang dikelola oleh sumber daya manusia yang memadai insya Allah akan menghasilkan sumber daya manusia yang juga memadai. Tuntutan perundang-undangan yang mengharuskan tenaga Dosen di Perguruan Tinggi minimal Strata 2 juga merupakan kebutuhan mutlak oleh lembaga ini. Oleh karena itu dalam waktu 5 tahun terakhir ini Fak. Hukum Uniqbu telah memiliki 13 (tiga belas) Dosen tetap, yang berkualifikasi Strata 2 sebanyak 6 orang. Hal ini tentunya menjadi peluang bagi pengembangan Fak. Hukum bila dibandingkan dengan Fakultas lain, tetapi menjadi tantangan untuk mencapai cita yang dimaksud. Pemberdayaan Dosen tentunya tidak hanya sampai disitu, program strata 3 sudah menjadi kewajiban bagi dosen yang telah Strata2, dan tahun ini merupakan awal pengiriman Dosen untuk program Strata 3. Pemerintah Daerah Kabupaten dan Provinsi sangat diharapkan kerjasamanya dalam proses studi lanjut ini dalam bentuk pemberian beasiswa.

    B.Manajemen

    Perlahan tapi pasti pengelolaan manajemen Fakultas mulai dari pimpinan sampai ketingkat staf mulai menampakkan hal positif, tetapi belum pada tingkat profsional. Proses pergantian pimpinan berjalan demokratis dengan berfungsinya peran Senat Fakultas. Perampingan jabatan structural tetapi kaya fungsi yang telah berjalan beberapa bulan terakhir ini telah mulai menunjukkan hasil dengan bergairahnya kehidupan akademik dikampus. Hal ini tentunya merupakan peluang yang harus segera kita raih untuk menjawab tantangan meraih cita Fakultas Hukum.

    C.Kurikulum

    Kalau diibaratkan makanan, kurikulum merupakan kandungan gizi makanan. Semakin bagus gizinya semakin sehat orang yang mengkonsumsinya. Untuk menghasilkan produk lulusan yang dicitakan tentunya harus mendapatkan materi sesuai dengan kurikulum yang telah ditentukan. Kurikulum Fakultas Hukum Uniqbu yang ada saat ini memang terasa tertinggal jauh dengan kurikulum yang dipakai oleh Fakultas Hukum di Perguruan Tinggi yang lain. Perkembangan zaman yang begitu cepat, membuat kita harus mengikuti perkembangan itu kalau tidak mau kita tergilas oleh zaman. Kebutuhan dan permasalahan masyarakat, khususnya dibidang Hukum terus berkembang, sementara pabrik pencetak pemecah masalahnya diam ditempat, maka jangan harap akan adanya pembangunan khususnya dibidang Hukum. Ini adalah tantangan yang harus dijawab oleh seluruh elemen di dalam Fakultas Hukum. Perombakan kurikulum adalah hal mutlak untuk menuju cita yang diharapkan.

    D.Lingkungan

    Karakter sebuah komunitas sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekelilingnya, lingkungan yang kondusif akan memberikan nuansa yang sehat bagi komonitas tersebut. Demikian juga lingkungan komunitas kampus yang biasa kita sebut masyarakat akademis. Pengaruh lingkungan bagi masyarakat akademis dapat dari lingkungan internal maupun lingkungan eksternal. Lingkungan internal kampus, seperti lingkungan penyelenggara pendidikan, dalam hal ini yayasan, universitas, dan yang tidak kalah penting adalah mahasiswa itu sendiri. Ketika ketiga lingkungan itu bisa menciptakan lingkungan yang kon dusif maka akan menciptakan suasana kerja yang sehat dan cita yang diharapkan bisa tercapai. Tetapi sebaliknya apabila lingkungan internal yang tidak kondusif maka apa yang diharapkan akan menjadi impian semata. Selain itu pengaruh lingkungan eksternal dalam hal ini pemerintah, LSM, dan masyarakat pada umumnya juga sangat berpengaruh. Kerja sama dengan pihak luar adalah mutlak dilakukan untuk pengembangan lembaga. Kepercayaan public adalah harga mati untuk mencapai cita yang diharapkan.

     

  • Fakultas Ekonomi

     

    FAKULTAS : EKONOMI

    PROGRAM STUDI : MANAJEMEN

    PROGRAM STUDI : EKONOMI PEMBANGUNAN

     

  • Fakultas Pertanian dan Kehutanan

     

    FAKULTAS : PERTANIAN DAN KEHUTANAN

    PROGRAM STUDI : AGROTEKNOLOGI

    PROGRAM STUDI : KEHUTANAN

     

  • Fakultas Agama

    FAKULTAS : AGAMA ISLAM

    PROGRAM STUDI : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

    PROGRAM STUDI : KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM

     

  • Fakultas Perikanan

     

    FAKULTAS : PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN

    PROGRAM STUDI : BUDIDAYA PERAIRAN

    PROGRAM STUDI : PEMANFAATAN SUMBERDAYA PERAIRAN

     

  • Fakultas Teknik

     

    FAKULTAS : TEKNIK

    PROGRAM STUDI : TEKNIK SIPIL

    PROGRAM STUDI : TEKNIK INDUSTRI

     

  • Fakultas Sastra

     

    FAKULTAS : SASTRA

    PROGRAM STUDI : SASTRA INDONESIA

    PROGRAM STUDI : SASTRA INGGRIS

     

    A.PROFIL

    Fakultas Sastra Universitas Iqra Buru lahir karena tuntutan kebutuhan daerah, dimana Kabupaten Buru yang baru dimekarkan pada waktu itu sangat membutuhkan sumber daya manusia untuk membangun daerah. Karena hanya dengan sumberdaya manusialah yang dapat memecahkan berbagai permasalahan di daerah ini, terutama untuk mengelola sumber daya alam.

    Fakultas sastra UNIQBU dapat melahirkan out put lulusan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan daerah, oleh karena dua jurusan di Fakultas Sastra sangat relevan dengan tuntutan kebutuhan tenaga yang diperlukan, disamping itu Fakultas Sastra Fakultas Sastra menghasilkan out put untuk meningkatkan promosi potensi daerah di bidang pariwisata, di mana Kabupaten Buru memiliki potensi wisata alam dan pantai yang sangat indah yang tidak kalah dengan daerah-daerah lain di Indonesia.

    Oleh karena itu maka lulusan sastra yang dapat menjawab semua persoalan itu, khususnya dalam mempromosikan potensi alam tersebut keberbagai daerah di Indonesia bahkan sampai kemanca Negara.

    Fakultas sastra menyelenggarakan pendidikan berdasarkan izin operasional yang dikeluarkan Depdiknas yang di wakili oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) atas nama Menteri Pendidikan Nasional dengan nomor izin operasional 154/D/0/2003.

    Fakultas sastra sedang bekerja keras menciptakan lulusan akademik yang professional serta out put sebagaimana menjadi tuntutan sekarang.

    B. VISI, MISI, TUJUAN, SASARAN DAN STRATEGI.

    VISI

    Mewujudkan fakultas sastra, menjadi yang terdepan di kawasan Maluku pada khususnya dan Indonesia pada umumnya sebagai pusat pendidikan, pengkajian dan pengembangan pendidikan bahasa, sastra dan seni yang berwawasan pendidikan untuk dapat mengaktualisasi diri secara cerdas. Dan berakhlakul karimah dan terdapat nilai-nilai budaya bangsa.

    MISI

    -Membentuk insan akademik yang berilmu amaliah, beramal amaliah dan berakhlakul karimah yang,adaptif,trasformatif, dan inofatif dalam bidang bahasa dan sastra serta pengembangannya.

    -Mengembagkan keterampilan berbahasa, sastra dan seni yang menghasilkan out put yang kompeten dan berkualitas, mampu berkompetisi dalam era globalisasi, informasi, dan komunikasi yang semakin canggih serta mampu menjawab tantangan zaman.

    -Akan terus melakukan koreksi dan penyempurnaan terhadap perkembangan bahasa berdasarkan kaidah yang berlaku secara resmi, seiring dengan perkembangan di bidang iptek, informasi dan komunikasi serta seni dan budaya.

    -Ikut serta memecahkan masalah, memberi kontribusi dan membantu masyarakat dalam penggunaan bahasa, sastra dan seni.

    TUJUAN

    -Membantu dan mendorong penyiapan tenaga yang berkompeten, professional di bidang kebahasaan.

    -Menyelenggarakan pendidikan sepenuhnya yang mendukung pembangunan daerah dan nasional.

    -Mengembangkan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang memiliki kepentingan civitas akademika dengan tetap memperhatikan kebutuhan masyarakat.

    SASARAN

    Mempersiapkan lulusan yang mempunyai kemampuan akademis, mampu mengaktualisasikan ilmu yang dimiliki, siap mengabdikan diri secara professional dan mengembangkan bahasa, sastra, dan seni sesuai dengan perkembangan IPTEK.

    STRATEGI

    Membangun koordinasi dengan pihak terkait.

    C.KURIKULUM DAN MASA STUDI

    KURIKULUM

    Fakultas sastra UNIQBU menyelenggarakan kurikulum berbasis kopetensi (KBK) sebagai mana yang diamanatkan dalam undang-undang yang berlaku di Perguruan Tinggi sekarang.

    Muatan kurikulum disesuaikan dengan kebutuhan lapangan kerja dan kondisi real di daerah, misalnya untuk Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, terdiri dari mata kuliah Bahasa dan Sastra Indonesia yang sesuai dengan kondisi objektif daerah dan kebutuhan pasar. Demikian juga jurusan Bahasa dan Sastra Inggris disesuaikan dengan disiplin ilmu Bahasa Inggris sebagai Bahasa Internasional yang relevan dengan kebutuhan daerah dan kebutuhan dunia kerja terutama untuk pengembangan pariwisata.

    MASA STUDI

    Mahasiswa yang kuliah di fakultas sastra dapat menyelesaikan studinya paling cepat 3 setengah tahun 8 bulan dan paling lambat 6-7 tahun.

    D.PELUANG KERJA

    1.Lulusan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dapat diterima sebagai tenaga pengajar dengan syarat melanjutkan ke pendidikan profesi, setelah selesai studi selama satu tahun.

    -Dapat diterima di perpustakaan daerah sesuai komitmen yang di sampaikan oleh ketua perpustakaan daerah

    -Dapat menjadi sastrawan yang kompetensi, jurnalis, dan penyiar diperlukan

    -Dan dapat di butuhkan juga diinstansi lain yang terkait.

    2.Lulusan jurusan bahasa dan sastra Inggris, dapat di terima di berbagai instansi sesuai dengan perkembangn dieraglobalisasi dan informasi sekarang ini.

    -Dapat bekerja sebagai Guide di industry pariwisata, travel,dan perhotelan serta

    -Di perusahaan asing atau diplomat, dapat menjadi tenaga guru dengan syarat melanjutkan ke pendidikan profesi selama 1 tahun.

    -Dapat menjadi sastrawan yang kompetensi,penyair dan berkarya di bidangkesastraan

    -Dapat dipersiapkan sebagai tenaga pada dinas pariwisata.

    E.JURUSAN YANG DITERIMA

    Jurusan yang di terima di Fakultas Sastra, adalah semua lulusan dari SMA/MA, SMK dan sederajat untuk semua jurusan,baik jurusan IPA, IPS, kejurusan dan terutama lulusan jurusan bahasa Indonesia.

    Jurusan yang di terima di Fakultas Sastra, adalah semua lulusan dari SMA/MA, SMK dan sederajat untuk semua jurusan,baik jurusan IPA, IPS, kejurusan dan terutama lulusan jurusan bahasa Indonesia.

    F.SYARAT PENDAFTARAN

    1. Foto copy ijasah yang telah dilegalisir.

    2. Foto ukuran 3x4 6 lembar.

    3. Mengisi formulir pendaftaran.

    4. Umur 19 tahun / tidak terbatas.

    5. Dapat menerima mahasiswa lanjutan (D2 dan D3)

    G. TENAGA PENGAJAR

    Tenaga pengajar di Fakultas Sastra ada yang berkualifikasi S2 dan S3 dan telah memenuhi syarat sebagaimana yang telah ditentukan direktorat Jendral Perguruan Tinggi.

     

  • Fakultas Keguruan

    FAKULTAS : KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

    PROGRAM STUDI : PENDIDIKAN MATEMATIKA

    PROGRAM STUDI : PENDIDIKAN BIOLOGI

    PROGRAM STUDI : PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA

    PROGRAM STUDI : PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

     

Tentang Kami

Universitas Iqra Buru adalah salah satu universitas swasta di kawasan Timur Indonesia.

Berada di naungan Yayasan Muslim Buru dengan 8 Fakultas dan 17 Program Studi.

Contact Info

Alamat: Jalan Prof. Dr. Abd. Bassalamah, Namlea

Tel: (0913) 21909

Fax: (0913) 21909

Email:info@uniqbu.ac.id

Gmail:uniqbu.bauk@gmail.com

Twitter Feeds

Twitter RT @Hpnotiqnicki: @Twitter Keep up with news, sports, weather. Live in rural area and not a lot of ways to find out what is going on. Twitt…
8hreplyretweet
Twitter RT @Savage90zbaby: @Twitter I use Twitter to not only stay updated on current events, but to engage with really great people! From Music Ar…
8hreplyretweet
Newsletter
Masukkan email Anda

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Red Oranges Green Purple Pink

Body

Background Color
Text Color

Header

Background Color

Footer

Google Font
Body Font-size
Body Font-family
Direction