• (0913) 21909

 

Selasa 29 Januari bertempat di Aula Uniqbu Kumunitas Literasi Bupolo mengadakan diskusi literasi dengan menghadirkan tiga narasumber sebagai tokoh dan generasi kratif yang peduli dengan pendidkan diantaranya Dr. Muhammad Sehol, S.Pd., M.Si (dosen Uiversitas Iqra Buru sekaligus tokoh peduli pendidikan), La Ludin,S.Pd (Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kab. Buru) dan Gadis Siti Nadia Umasugi (Tokoh pemuda peduli pendidikan dan literasi)

 Kegiatan ini merupakan ide yang dituangkan secara nyata oleh komunitas Literasi Bupolo sebagai bagian dari kumpulan generasi milenial yang peduli dengan pergembangan generasi Buru khususnya dan Maluku secara umum.

Kepala perpustakaan Daerah kabupaten Buru dalam materinya menegaskan bahwa gerakan BUPOLO sebagai bagian dari program pemerintah Daerah hal ini yang harus di sebarluaskan oleh akademisi sehingga terwujud kerjasama yang baik antara PEMDA dan mayarakat Ilmiah Universitas Iqra Buru. Ia juga mambahkan bahwa perpustakaan daerah tidak bisa bekerja secara ekstra untuk untuk meningkatakan minat baca masyarakat sehingga perlu adanya komunitas yang menjadi perjangan tangan kami untuk mewujudkan cita-cita kita bersama.

Sementara itu Gadis Siti Nadia Umasugi menekankan pada tindakan nyata demi terwujudnya minat baca masyarakat Buru yaitu mendirikan taman baca sehingga dengan terbentuknya taman baca di Wilayah Kabupaten Buru dapat mendorong pertumbuhan minat Baca masyarakat.

Dalam kesempatan ini Dr. Muhammad Sehol. S.Pd.,M.Si menyampaikan tentang grafik data yang diteliti yaitu menurunya minat baca masyarakat Indonesia dibandingkan negara-negara asia lainya sehingga generasi yang ada kurang mampu bersaing dengan masyarakat asia dan eropa. Untuk itu perlu disosialisasikan tentang pentingnya membaca sebab dengan kita membaca maka kita berdiskusi dengan bacaan sehingga dapat meningkatkan referensi pemikiran. Ia juga berharap pulau buru ke depan dapat menjadi mercusuar peradaban ilmu yang ada di Indonesia.

Di akhir acara Iqbal Kuroy selaku ketua Komunitas Literasi Bupolo menerima cindera mata dari Dinas Perpustakaan dan Arsip daerah sebagai bentuk kepeduliaan PEMDA Buru terhadap komunitas ini.

Contact Info

Alamat: Jalan Prof. Dr. Abd. Bassalamah, Namlea

Tel: (0913) 21909

Fax: (0913) 21909

Email: info@uniqbu.ac.id

Gmail: uniqbu.bauk@gmail.com

Pengelola: Risman Iye

 

Newsletter
Masukkan email Anda

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Red Oranges Green Purple Pink

Body

Background Color
Text Color

Header

Background Color

Footer

Google Font
Body Font-size
Body Font-family
Direction