• (0913) 21909

 

Ambon 28-29 Januari kegiatan sosialisasi bimbingan teknik penomoran Ijasah dilakasanakan. Kegiatan tersebut dibuka oleh C. Matakena, SE.,M.Si sebagai kabag akademik kemahasiswaan dan sumber daya LLDikti wil XII yang dihadiri oleh pimpinan Universitas dan Operator Universitas yang di Maluku. Sebagai bagian dari Universitas yang berada di wilayah XII Universitas Iqra Buru merekomendasikan operator Universitas yakni Misla Siompu. SH. Tujuan diadakannya sosialisasi PIN SIVIL ini ialah memperkenalkan aplikasi PIN dan SIVIL sekaligus melatih operator untuk menggunakan aplikasi tersebut. Aplikasi PIN SIVIL ini bertujuan untuk mencegah praktek pemalsuan ijazah sehingga masyarakat memperoleh data keabsahan ijazah yang valid dan akurat, tepat dan cepat.

Didi Rustam, S.Si menyebutkan bahwa Aplikasi Validator PIN ini hanya untuk memvalidasi data. Setiap fakultas untuk memberikan PIN kepada para lulusan harus melakukan validator PIn agar nomor ijazah para lulusan bisa teragreditasi. Didi Rustam juga menambahkan mengenai syarat validasi reservasi yaitu, Maksimal SKS 24 per semenster, Minimal IPK Diploma dan Sarjana adalah 2,00 sedangkan pascasarjana (S2, S3) dan profesi adalah 3.0, Prodi harus terakreditasi atau sedang dalam proses reakreditasi.

Dr. Ruddy J. Suhatril, S.Kom., M.Sc mengatakan PIN sudah dimulai disosialisasikan sejak 2016, tetapi belum semua perguruan tinggi yang langsung bisa mengimplementasikannya.

“Namun sejak 2016 hingga 2017 sudah banyak perguruan tinggi yang merasa penting punya Penomoran Ijazah Nasional, tetapi nanti akan kami wajibkan, seluruh perguruan tinggi negeri maupun swasta yang berjumlah 4500 perguruan tinggi di seluruh Indonesia tahun 2020 diharapkan sudah bisa menerapkan PIN,” tuturnya. Ia Juga mengatakan, PIN bertujuan untuk melakukan monitoring proses pembelajaran agar sesuai standar nasional pendidikan tinggi.

Contact Info

Alamat: Jalan Prof. Dr. Abd. Bassalamah, Namlea

Tel: (0913) 21909

Fax: (0913) 21909

Email: info@uniqbu.ac.id

Gmail: uniqbu.bauk@gmail.com

Pengelola: Risman Iye

 

Newsletter
Masukkan email Anda

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Red Oranges Green Purple Pink

Body

Background Color
Text Color

Header

Background Color

Footer

Google Font
Body Font-size
Body Font-family
Direction