• (0913) 21909

 

 

Namlea 26 November. Problem HIV/AIDS di masyarakat sangat memprihatinkan. Setidaknya itulah hasil survey dari sejumlah lembaga kesehatan yang sering dilansir diberbagai media. Puskesmas Namlea sabtu kemarin berkunjung ke Universitas Iqra Buru demi mengkampanyekan HIV/AIDS terutama bagi generasi muda, yaitu mahasiswa. Hal ini dipengaruhi oleh kepeduliaan pihak puskesmas terhadap HIV/AIDS di Kota Namlea.

Penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV) Acquired Immune Deficiency Siyndrome (AIDS) merupakan penyakit yang mematikan.” Penyakit HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia dan bisa terjadi penularan. Proses penularanya yaitu dengan kontak langsung antara aliran darah dengan cairan tubuh yang didalamnya terkandung HIV. Contoh dari penularan ini berupa hubungan sex, jarum suntik dan air susu ibu bagi yang masih menyusui” Tutur dr. Mega Wati Hatuwe. Ia juga menambahkan bahwa di Kota namlea pasien HIV yang terdapat dipuskesmas berjumlah lima orang sedangkan di rumah sakit Namlea berjumlah 15 orang, kami dari kesehatan tidak akan berhenti mengkampanyekan HIV/AIDS ini agar mahasiswa sebagai generasi muda mampu menjaga diri agar terhindar dari penyakit ini.

Hal senada disampaikan juga oleh Vera wati Mukadar selaku pihak kesehatan dari puskesmas Namlea ia menuturkan bahwa orang yang terkena infeksi virus AIDS akan merasakan tekanan mental dan pendetitaan batin karena sebagaian masyarakat disekitarnya mengucilkan atau menghindarinya” pada prosesnya penderita HIV/AIDS harus kita rangkul dan tetap memberikan motivasi agar bisa normal kembali. Terutama peran keluarga sangat penting untuk tetap memberikan perhatian lebih agar penderita terbuka dalam mengungkapkan penyakitnya. Kemudian memberikan edukasi sejak dini agar pemahaman tentang penyakit ini tertanam hingga dewasa.

Uraian materi yang disampaikan dari pihak puskesmas Namlea membuat mahasiswa terperangah atas efek yang ditimbulkan oleh penyakit HIV/AIDS ini. Selaku pihak universitas Iqra Buru kami mendukung program ini agar menumbuhkan kesadaran mahasiswa lebih dini tentang bahaya HIV/AIDS. Tegas Salma Yusuf, SH., MH. Selaku pihak Universitas Iqra Buru.

Bukan hanya HIV/AIDS yang disosialisasikan pihak puskesmas namlea juga menyinggung penyakit-penyakit lainya seperti Spilis, gonorogoe, dan bahaya merokok.

Contact Info

Alamat: Jalan Prof. Dr. Abd. Bassalamah, Namlea

Tel: (0913) 21909

Fax: (0913) 21909

Email: info@uniqbu.ac.id

Gmail: uniqbu.bauk@gmail.com

Pengelola: Risman Iye

 

Newsletter
Masukkan email Anda

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Red Oranges Green Purple Pink

Body

Background Color
Text Color

Header

Background Color

Footer

Google Font
Body Font-size
Body Font-family
Direction