• (0913) 21909

 

Sebagai wujud Tridarma perguruan tinggi poin pengabdian masyarakat merupakan tolak ukur berperannya Universitas terhadap masyarakat. Minggu 18 November 2018 Universitas Iqra Buru menuju ke Desa Bara, rombongan ini bukan hanya terdiri atas Dosen dari pihak Universitas akan tetapi dari kalangan Mahasiswa dan Dinas Pariwisata Kabupaten Buru turut terlibat dalam kegiatan ini.

 ‘Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengamalkan salah satu tridarma perguruan tiinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Untuk itu, mahasiswa selain mengikuti pendidikan formal dibangku kuliah juga memliki tanggungjawab melakukan pengabdian kepada masyarakat seperti yang dilaksanakan pada hari ini ucap Kajur Sastra Indonesia sekaligus Ketua Panitia Pengabdian Masyarakat Nanik Handayani. SS., M.Hum.

Ia menambahkan kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkuat silaturahmi antara Civitas Akademik Universitas Iqra Buru dengan Masyarakat Desa Bara dan pemerintah Kabupatern Buru. Selain itu, dengan melaksanakan kegiatan seperti ini mahasiswa juga akan mengetahui isu maupun permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat  dan dapat menjadikannya sebuah program penelitian dam hasil penelitian itu bisa menjadi solusi yang bermanfaat bagi masyarakat.

 Sementara itu KADIS pariwisata Kabupaten Buru Drs. Istanto Setyahadi dalam sambutanya menekankan pentingnya menciptakan pariwisata bersih dan sehat untuk kesejahteraan masyarakat. Sesuai dengan tema yang diangkat oleh Civitas Akademik Universitas Iqra Buru, yaitu Sinergitas Uniqbu dan Dinas Pariwisata dalam mewujudkan Bupolo Clean Tourism (Pariwisata berbasis Masyarakat) ungkapan Kadis Pariwisata ini juga sesuai dengan harapan Bupati Kabupaten Buru yang diwakili oleh Asisten I Ir. Masri.

“Kunjungan ini disambut hangat oleh perangkat Desa Bara serta masyarakat’ inilah yang kita harapkan untuk  menumbuhkan kesadaran masyarakat di desa kami karena saya kira Civitas Akademik Universitas Iqra Buru memiliki inovasi-inovasi baru yang bisa memberikan pengalaman untuk masyarakat desa Bara Ini” ungkap Jumadi Tuhuloula, selaku kepala Desa.

Dalam proses pelaksanaannya diiringi oleh pemateri dari Kadis Pariwisata dan civitas akademik Uniqbu dari berbagai jurusan yang nantinya materi tersebut dapat memberikan inovasi baru untuk masyarakat Bara nantinya. Pemateri pertama sekaligus pembuka acara yaitu Kadis Pariwisata Drs Istanto Setyahadi, kemudian dilanjutkan oleh Civitas Akademik Universitas Iqra Buru M. Faisal Samgadji, S.E.,M.Si, Dr. Saidna Zulfikar bin-Tahir. Lc., M.Pd, Dr. Hayati Hehamahuha, S.E., M.E, Mentari Rasyid, S.T., M.T, Ningsie Indahsuary Uar, M.Si, Samsia Umasugi. S.P., M.Si. dan Susiati. S.Pd., M.Hum. kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dengan masyarakat.

 "Harapan kami dari pihak Universitas kegiatan seperti ini perlu dilaksananakan setiap bulanya agar Civitas Akademik Universitas Iqra Buru dapat melihat secara langsung kondisi masyarakat yang ada di Kabupaten Buru dan bisa mengabdikan ilmunya untuk kepentingan masyarakat" Ungkap Rektor Universitas Iqra Buru M. Faisal Sangadji (Wakil Rektor III). Beliau juga menambahkan kerja sama UNIQBU dengan pemerintah Kabupaten Buru tetap terawat dengan baik agar cita-cita pemerintah untuk memberbaiki kesejahteraan masyarakat bisa tercapai.

Harapan masyarakat Desa Bara dari kegiatan PKM dapat memberikan pengetahuan baru terhadap mereka guna mengawal destinasi pariwisata yang baik dan bersih untuk kesejahteraan masyarakat kedepan.

                                                                   

Contact Info

Alamat: Jalan Prof. Dr. Abd. Bassalamah, Namlea

Tel: (0913) 21909

Fax: (0913) 21909

Email: info@uniqbu.ac.id

Gmail: uniqbu.bauk@gmail.com

Pengelola: Risman Iye  (rismaniye@gmail.com) 

 

Newsletter
Masukkan email Anda

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Red Oranges Green Purple Pink

Body

Background Color
Text Color

Header

Background Color

Footer

Google Font
Body Font-size
Body Font-family
Direction